Selamat Datang

Anda memasuki kawasan bebas berfikir dan berpendapat

11 March 2007

Ada Gairah Pada Kedewasaan

Dulu sewaktu aq kanak-kanak, besar keinginan untuk segera menjadi dewasa. Orang dewasa memiliki kebebasan dalam menentukan sikap, bebas keluar rumah tanpa dimarahi, bebas berbuat apa saja, seperti manjat pohon, mandi di sungai dan lainnya.

Namun ternyata setelah puluhan tahun berselang, tiba-tiba saja ingatan masa kecil berkelebat mengisi rongga otakku. Hari ini kita sudah dewasa, sudah diizinkan manjat pohon, mandi di sungai, keluar malam dan tidak pernah lagi dikontrol.

Namun ternyata menjadi dewasa itu sangat menyakitkan. Setiap pilihan dan keputusan yang kita ambil memiliki konsekuensi yang harus kita tanggung sendiri. Ternyata dewasa itu tidaklah nikmat. Dewasa butuh tanggung jawab besar. Menjadi dewasa berarti menjadi pemimpin bagi orang-orang di sekitar kita. Dan menjadi pemimpin, harus ada pertanggungjawabannya.

Dewasa berati harus siap dengan banyak persoalan datang mendera. Banyak masalah yang harus dihandle segera. Banyak persoalan yang menuntut tanggung jawab kita. Awalnya menyakitkan, dulu kita hanya tinggal tadahkan tangan. Tapi sekarang semuanya telah berubah.

Kita semua sadar, menjadi dewasa itu adalah sebuah pilihan. Seperti iklan sebuah produk rokok, "TUA PASTI TAPI DEWASA PILIHAN". Dan kita berada dalam pilihan ini skarang. Dewasa memang menyakitkan, tapi ada kegairahan didalamnya.(*)

No comments: